Selasa, 20 Juli 2010

♥♥ Terserah mau di beri judul apa.. ♥♥

By : Mutya Sri Wahyuni

Assalamu'alaykum wr wb ,.

Menyusun kata demi kata di sebuah blog yang ku aktifkan kembali..


=====================================================
Selama empat hari di Jakarta.. banyak kenangan yang ku alami, tepatnya di daerah Jaktim dan Jaksel..

: Pada Hari Senin,12 July 2010. Pukul 06.45wib..
ana bersiap-siap untuk berangkat menuju bandara hang nadim-batam, di sisi lain ana berpikir dan melamun di saat perjalanan "apakah ana yakin dan bisa melakukan muhasabah dengan seorang diri yg sebelumnya sempat merasa tidak mampu untuk pergi ke sebuah Masjid Kubah Emas-Depok nantinya?." bentuk dan posisi tempatnya saja ana tidak mengetahui, apalagi jalan menuju ke tempat tersebut !. Nama masjid itu, ana dapatkan dari keinginanku sendiri, enth knpa.. mungkin banyak orang yang tidak percaya, ana sendiripun tidak percaya "mengapa hanya nama masjid itu yang terus menghantui di dalam pikiran dan hatiku ketika ana melakukan salah satu sholat sunnah?." padahal banyak nama masjid yang terkenal d jakarta, bukan hanya Masjid Kubah Emas saja !

Tp ya sudahlah, ana yakin pasti bisa melewati semua ini !! dengan Bismillahirrohmanirrahim... Kini niatku telah mantap untuk melanjutkan perjuangan komitmen *******, Insya Allah,. semuanya di mudahkan oleh Allah Subhana Wa Ta'ala.. amin,allahumma aminnn.. (ana pun sadar dari lamunan tadi..)
Akhirnya pukul 07.30wib, ana dan ayah sampai juga di bandara.. tanpa berpikir panjang, ana bergerak untuk pamit dengan ayah.
dalam keadaan gelisah dan ragu di ruang tunggu A6, saya menyempatkan diri untuk berdo'a agar semuanya berjalan dengan lancar dan tidak adanya delay pesawat menuju jakarta..

=====================================

: @Bandara Soekarno Hatta-Jakarta. Pukul 11.00wib..
mendarat sudah pesawat Lion Air-JT 373, pada landasan yang telah di sediakan..
Alhamdulillah, ana sampai juga di kota jakarta, di mana kota yang sering di bilang teman-temanku itu,misalnya macet di jalan,padatnya penduduk, dan banyak kejadian lainnya.

lalu ana bertemu dengan k'fina (my sist), dia yang akan menuntun ku hingga sampai di pondok bambu-JakTim..
setelah kami menunggu kurang lebih 30 menit di dalam terminal damri, akhirnya datanglah sebuah damri yang akan menuju ke pasar minggu..

masuk lah kami berdua ke damri tersebut,.
===========================
di sepanjang jagat raya, ku melihat banyaknya penduduk yang masih tinggal di bawah jembatan,miris nya lagi ketika ana melihat beberapa anak muda yang telah putus sekolah sebelum tiba masa tahun sekolahnya selesai, padahal pada saat itu seharusnya mereka berada di sekolahnya, namun tidaklah demikian, kehidupan keluarga mereka yang salah satu penyebabnya hanya permasalahan Faktor Ekonomi sehingga membuat mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan dan menuntut ilmu. Ternyata beginilah orang yang hidup di ibu kota indonesia, Sungguh kasian nya mreka !! dengan di selimuti perasaan sedih, ana ingin menolong mereka, namun apa daya saat ini ana tak mampu membawa mereka semua ke tempat yang layak.. Pada saat itu, yang terpikirkan oleh ana yaitu hanya bsa mendo'akan anak-anak muda itu, agar di berikan kemudahan oleh Allah Subhana Wa Ta'ala untuk bisa melanjutkan pendidikan yg sepantasnya mreka berhak untuk mendapatkannya. Aminnn.....

Tidak hanya itu, di perjalanan ana juga melihat demontrasi segerombolan mahasiswa di depan kantor Majelis Perwakilan Rakyat,. Subhanallah... Banyak sekali kejadian yang sebelumnya jarang ku temui di daerahku sendiri.

==================================================

: @Pasar Minggu-JakSel, Pukul 13.20 wib
Turunlah kami dari damri itu di pinggiran jalan, selanjutnya kami berdua melewati rel kereta api untuk menyebrang ke sebuah rumah teman kakak ana, setelah sampai dirumah tersebut, ana meminta izin kepada kakak ana untuk sholat zhurur. Pukul 14.15 wib telah tiba, perjalananku blum usai, masih ada perjalanan selanjutnya yang harus ku lalui hingga sampai di JakTim.

=============================================

:@Pondok Bambu-JakTim, Pukul 16.30 wib
Sebelum sampai di JakTim, ana dan kakak ana harus 2x naik angkot dan 1x naik taksi agar segera menjumpai rumah kerabat ana itu, sebut saja namanya Mira.
Seorang Akhwat yang sebelumnya ana tidak pernah mengenal, ana mengenal dirinya hanya melalui facebook saja, ya tau sendirilah.. facebook yang merupakan dunia maya,
tapi hari itu bisa menjadi kenyataan yang sudah lama ku inginkan, ana yakin dengan niat yang sangat baik, pasti di satu sisi akan ada kemudahan yang di berikan oleh Allah Subhana Wa Ta'ala.
.padahal sebelumnya ada ketakutan yang ku rasakan, sebab takut terjerumus di lubang yang salah,. ('Afwan ya Ukh.. Ana tak bermaksud seperti itu, semuanya hanya sebuah pikiran yang terlintas sesaat)

.Sesampainya di rumah sii Akhwat itu, ana disambut oleh keluarga yang begitu baik dan ramah..
Alhamdulillah Wa Syukurillah.. ana bisa bertemu dengan keluarga Harmonis seperti ini..

=============================================

:@Rumah sii akhwat menuju Stasiun Kereta Api-Tebet. Hari Selasa, 13 July 2010. Pukul 08.30-10.00 Wib.
.Perjuangan ini tak mudah ku tempuh, harus ada pengorbanan. Tanpa ikhtiar dan tawakal, tak mungkin semua ini bisa terjadi..
Sebelum sampai di Stasiun Kereta, kami berdua (ana dan ukhti Mira) jalan dari rumah dya hingga ke persimpangan jalan, agar mudah mendapatkan angkot..
Ketika kami naik angkot dengan nomor 52, di dalam angkot itu, kami berdua harus berdiri dan berdesak-desakkan dengan penumpang yang lainnya.. "Astagfirullah .... sejauh inikah letak masjid kubah emas itu !!"
Sesampainya di Stasiun, tanpa berlama-lama dan untuk mempersingkat waktu, kami berdua langsung beli tiket kereta api ecomony ac. Sambil menunggu kereta datang, ana melihat orang-orang di sekitar lingkungan itu, tiba-tiba ada seorang nenek yang sudah renta tubuhnya tp masih saja bekerja untuk mencari nafkah.. yang terpikirkan olehku, "kemana semua anak dan cucunya?, kenapa mereka membiarkan orang tua/neneknya itu masih bekerja?", sungguh keterlaluan mereka !! Jika mereka tak ingin mengurusi nenek itu, jangan seperti ini caranya !! kalian bisa mendaftarkan beliau di sebuah panti jompo daerah jakarta..
Lagi-lagi kesedihan yang ku rasakan, tega benar lah mereka itu !!! Astagfirullah aL 'aziim.. Na'azubillah min Zaliik.. (ikhtifar mode on)
Akhirnya kereta api yang kami tunggu, datang juga..
setelah beberapa halte terlewati, 1 halte lagi kami akan sampai di halte Depok Baru, di situlah kami akan turun dan naik angkot 2x lagi,.
"Subhanallah !!!! kenapa letak masjid kubah emas itu sangat jauh ya.. (confused mode on)
Astagfirullah al 'aziimm... mengapa diriku terus-terusan melamunkan diri??"


.Dengan cuaca yang panas dan matahari seperti sudah sejengkal di atas kepala yang tertutup jilbab ini, ana tetap sabar dan ikhlas hanya karena Allah.. mungkin ini, Ujian yang Allah berikan kepadaKu, Ku yakin semua nya akan baik-baik hingga muhasabah diri itu selesai.
.1 jam kemudian, sampailah kami di depan pagar Masjid Kubah Emas yang begitu besar dan tinggi menutupi dari kanan hingga ke kiri...
==============================================


:@Masjid Kubah Emas-Depok. Selasa,13 July 2010. Pukul 12.00 Wib
Kata pertama yang ku ucapkan, Subhanalah.......!!!!!!! (kata-kata itu terus ku ucapkan sampai pada akhirnya bisa masuk ke sebuah masjid yang sangat Besar) Ya Allah, Sungguh besarnya masjid ini !! banyak tumbuh-tumbuhan di sekeliling masjid itu ! Subhanallah Wal Hamdulillah ... keren bgt pokoknya !! ana merasa seperti masih dalam mimpi, padahal keinginan ku sudah menjadi kenyataan..
Dalam hati dan pikiranku terlintas kata2, smoga muhasabah yang ingin ana laksanakan ini bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan petunjuk dari ya Ilahi.. Wallahu'alam... aminn..
Namun ku tak ingin banyak berharap, sebab bisa membuat ana jadi takabbur atau sifat tercela yang lainnya.
==============================================
.Adzan Zhurur telah berkumandang, saatnya kami pun mengambil air wudhu yang terletak di belakang masjid tersebut. ketika kami berdua mengambil air wudhu, yang ada di pikiranku, air ini sungguh jernih dan sejuk, seolah-olah seperti ada air terjun yang menguyur ke wajahku..
.Setelah selesai mengambil air wudhu, kami pun segera masuk ke dalam masjid Kubah Emas,. langkah demi langkah ana berjalan masuk ke dalam masjid itu,. ternyata di dalam masjid itu sungguh Indah sekali bentuk nya !! .sajadah yang telah terbentang dengan rapi, hijab yang menutupi sungguh sangat bagus dari ujung kanan ke ujung kiri,.
.sungguh ana merasa tenang pada saat berada di dalam masjid itu !! SUBHANALLAH !!!
setelah selesai sholat zhurur berjama'ah, ana melanjutkan salah satu aktivitas rutin yaitu melakukan sholat sunnah,. dengan niat Bismillahirrohmanirrahim, muhasabah diripun ku mulai..
Pada saat muhasabah itu, ana tak sengaja meneteskan air mata dan Pasrah hanya kepada Allah 'Azza Wa Jalla.. :'(
.1 jam telah terlalu, kami berdua pun tidak bisa terlalu lama berada di dalam masjid, sebab masih ada aktivitas yang lain. Padahal ana masih ingin berlama-lama bermuhasabah di dalam masjid itu, namun karna tidak bsa. mka ana dan sii akhwat itu tidak bisa memaksakan kehendak.

========================================
  
@Angkot dengan nomor 23 menuju Stasiun Kereta Api di Depok Baru, Pukul  13.30-14.45 Wib.
Di sepanjang jalan.... pada saat ana dan sii akhwat berada di angkot. kami tidak merasa kesepian.

Kami berdua di iringi oleh lagu dengan alat gendang yang cukup sederhana,. mreka adalah dua orang anak yang masih berumur kurang lebih 15tahun..
.ana salut pada mereka, walau mereka tidak bisa melanjutkan pendidikan, tapi mereka sangat kreatif dan inovatif bisa menciptakan lagu tentang "Anak Jalanan"..
Di dalam hati ana ingin menangis melihat mereka yang tidak bisa menjadi generasi penerus untuk berprestasi di sekolah..



"Wahai Pemuda, jangan pernahlah kalian berputus asa dan menyerah untuk menjalani hidup yang semakin keras ini.. Bersabarlah adik-adikKu,."


=====================================================
.Akhirnya kami tiba di Stasiun kereta api-Depok Baru, Pukul 14.45 wib ..
Ini di luar dugaan, seharusnya kami sampai di stasiun jam 14.30 wib, karena sebelumnya kami ingin melanjutkan pergi ke rumah sahabat remaja masjid agung batam yang tinggal di daerah Depok, namun pada saat itu cuaca hujan dan tidak ada kemungkinan jika kami tetap memaksakan diri untuk datang ke sana, sehingga kami memutuskan pulang ke Pondok Bambu-Jaktim.


==============================================================


@Stasiun Kereta Api-Depok Baru menuju Stasiun Kereta Api-Tebet,di lanjutkan ke Pondok Bambu-Jaktim, Pukul 14.48 Wib-15.30 Wib-16.50 Wib.
  Di stasiun itu, saya dan ukhti Mira melihat segerombolan orang yang sedang berebut minuman coca cola yang datang ke Stasiun Kereta Api-Depok Baru.. padahal pd saat itu, cuaca di Depok sedang hujan, tapi itu tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang yang berada di tempat tersebut untuk berteduh di stasiun. Namun saya berpikir, "mungkin mereka merasa haus sedang merasa blum mendapatkan makan, sehingga perebutan itu terjadi. tapi ya sudahlah, thinking positif aja.."
  Setelah 15 menit kami menunggu, akhirnya kereta api economy AC datang, ya.. ALHAMDULILLAH, kami mendapatkan tempat duduk di dalam kereta itu.
  Stasiun demi Stasiun kereta api melaju dengan cepat, Akhirnya, kereta api sampai di Stasiun Kereta Api-Tebet dan kami berdua turun,. .


@ke Rumah Sahabat di Klender-Jaktim, Pukul 19.30 Wib.


@ke Rumah Sahabat di Klender-Jaktim, Pukul 06.50 Wib.

@MALL PGC-Jakarta Timur, Pukul 09.00 s/d 16.30 Wib.

@


.... masih ada kelanjutan ceritanya, tp belum ada kata2 lagi mau di lanjutkan.......

0 komentar:

Posting Komentar